MENGANDALKAN TUHAN DALAM SEGALA HAL

MENGANDALKAN TUHAN DALAM SEGALA HAL

Tanggal : 17-Oktober-2012, oleh: Agusta Christin Adela SHS X
e5a4d9765d4b701076b8059bc1cb385c.jpg

Shalom teman-teman semua, perkenalkan aku Agusta Christin Adela, siswi kelas X SMA Kristen Pelita Nusantara Kasih…

                Apakah hari-harimu sudah dipenuhi berkat Tuhan? Saat ini aku mau berbagi cerita tentang penyertaan dan berkat Tuhan. Agustus 2012 kemarin aku dan grupku SCC (Solo Cantabile Cantora) mengikuti kompetisi paduan suara di Bali nama dari kompetisi itu Bali International Choir Competion. Dan dari sinilah secara pribadi aku merasakan ada bimbingan dan berkat Tuhan yang selalu menyertai aku dan grup paduan suaraku. Kami memulai latihan kami sekitar 5 atau 6 bulan sebelum keberangkatan kami ke Bali.

                Kami mengikuti dua kategori yaitu Folklore dan Youth Choir. Folklore sudah hal biasa bagi grup paduan suara kami akan tetapi youth choir hal baru bagi anak-anak remaja yang ada di grup ini. Karena otomatis saingan kita adalah anak SMA hingga kuliah. Sedangkan kami perpaduan dari anak SD, SMP, dan SMA. Jauh dari standar grup paduan suara yang lain.

                Lagu demi lagu folklore pun kami pelajari. Ternyata kami juga dikejar deadline untuk konser penggalangan dana kami untuk keberangkatan ke Bali. Kami terburu-buru untuk menyelesaikan setiap lagu. Belum lagi koregrafinya, it's make us tired. Tugas dan PR mengiringi kami selama latihan berjalan. Dan beban tambahan lagi untuk youth choir. Hampir setiap hari kami harus pulang jam 9 malam untuk mengejar lagu youth kami.

                Dan tiba hari konser lagu folkore pun selesai dengan koreo tetapi youth choir hanya 1 lagu saja. Karena lagu yang kedua kami belum bisa menguasainya. Padahal hari konser menuju hari keberangkatan kami tinggal 2 minggu lagi. Atas kasih dan penyertaan Tuhan konser dapat berjalan dengan lancar, kami merasa sangat lega. Respon dari penonton juga sangat antusias dan menyenangkan, hal ini membuat kami semakin bersemangat untuk menyanyikan lagu demi lagu dengan lebih baik lagi di kompetisi yang  akan datang.

                Setiap latihan selalu kami awali dengan doa, prinsip kami bahwa apapun yang dikerjakan bersama Tuhan tidak pernah ada yang sia-sia. Karena Tuhan selalu membimbing anakNya yang bersungguh-sungguh dalam mengerjakan segala sesuatu. Kami di sini bukan sekedar berlomba, tetapi kami ingin memuji nama Tuhan dan dengan memuji nama Tuhan semoga kita juga bisa membawa hasil yang membanggakan bagi kota, orang tua, dan terkhusus Tuhan Yesus.

                                Hari keberangkatanpun tiba dan sesampainya di sana kami beristirahat sejenak dan malamnya kami berlatih hingga larut malam di Kertalangu. Kami berlatih sangat keras sebelum kami maju dalam kompetisi. Tetapi hal yang tidak aku inginkan pun datang. Suaraku hilang sebelum esok harinya lomba. Aku menangis dan memeluk pelatih perempuanku, aku takut suaraku belum pulih besok pagi.

                Setelah selesai latihan kami kembali ke hotel, aku dipanggil oleh pelatihku untuk diberi obat. Dan ternyata aku disuruh makan kencur, di kunyah, di 'sesep' sampai tinggal ampasnya saja, rasanya sangat tidak enak. Setelah selesai makan kencur aku didoakan, aku menangis ketika berdoa, aku berdoa dengan sungguh-sungguh, aku meminta Tuhan turun tangan atasku, supaya besok aku bisa ikut maju berperang dengan teman-temanku.

                Keesokan harinya kami sudah bersiap-siap, dan aku sangat berterimakasih dan bersyukur. Meskipun suaraku belum kembali total, tapi aku tetap bisa bernyanyi dengan teman-teman. Kami merias diri. Dan kami siap mengikuti lomba. Sebelum naik ke stage kami saling berpegang tangan berdoa. Kami sudah melakukan yang terbaik dan sudah berusaha, biarkan Tuhan mengerjakan bagianNya. Karena Tuhan selalu melakukan bagianNya dengan sangat baik. Setelah turun dari stage kami semua menangis terharu, karena kami tidak menduga, dengan latihan kami yang sangat terburu-buru kami bias menyelesaikan di medan perang dengan baik dan memuaskan. Malam harinya kami kembali latihan untuk persiapan Lomba Folklore keesokan harinya.

                Seperti hari kemarin berdandan dan mengikuti lomba. Rasa deg-degan itu ada lagi. Tapi kami tetap berusaha menampilkan yang terbaik untuk Tuhan. Dan setelah kami selesai menyanyi dan turun dari stage. Kami benar-benar lega, karena latihan yang selama ini kami lakukan sudah tertuang semua dan tidak ada beban lagi. Kami tinggal menunggu hasilnya dan itu adalah bagian Tuhan.

                Hari pengumumanpun datang, pada saat pengumumuan untuk youth choir kami semua berdoa. Kami saling berpegang tangan dan berdoa. Kami percaya apapun hasilnya itu yang terbaik yang sudah di beri Tuhan buat kita. Kami menunggu nama grup kami disebut tapi tidak kunjung disebut. Dan sampai akhirnya untuk championnya nama grup kami di panggil. Kami meloncat dan langsung lari ke stage, kami semua menangis di depan. Kami sangat berterimakasih dan mengucap syukur. Tuhan benar-benar tidak pernah mengecewakan anak-anakNya yang mau bersungguh-sungguh dan mengandalkan Dia. Dan untuk Folkore pun sama. Kami mendapat medali emas dan semuanya benar-benar terbayar. Segala sesuatu yang kami perjuangkan, waktu yang kami korbankan tidak sia-sia.

                Dari sini aku mendapat dua pelajaran, yang pertama jika kita melakukan apapun dengan sepenuh hati dan kerja keras dan hasilnya kita percayakan pada Tuhan, maka Tuhan akan memberikan yang terbaik yang menjadi bagian kita. Tuhan akan melakukan bagian yang terbaik, Dia melihat kesungguhan dan kerja keras kita. Dan yang kedua, apapun yang kita kerjakan bersama Tuhan tidak pernah sia-sia, Tuhan akan menyertai dan membimbing kita sampai akhir dan tantangan demi tantangan akan kita lewati bersama Dia.

                Sekian teman-teman sedikit kesaksian bagaimana Tuhan menyertai perjuanganku bersama teman-teman paduan suaraku. Semoga cerita dan kesaksian ini juga bisa memberi pelajaran buat teman-teman untuk selalu mengandalkan Tuhan, bukan mengandalkan diri sendiri. Karena kita tahu apapun yang kita kerjakan bersama Tuhan hasilnya pasti yang TERBAIK! GBU all.. :D

Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!  (Yeremia 17:7)

Live Chat

Hi,
I'm Ms. Edith. Can i help you?

Start Messenger