RETREAT KELAS 9 SMP KPNK 2015 - JADILAH TELADAN

RETREAT KELAS 9 SMP KPNK 2015 - JADILAH TELADAN

Tanggal : 30-Maret-2015, category : High School Corner
9. RET REAT KELAS IX SMP KPNK 2015.JPG

Jangan seorangpun menganggap engkau rendah  karena engkau  muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu, dan dalam kesucianmu.” (1 Tim 4: 12)

Ayat itulah yang menjadi dasar acara Retreat kelas IX SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Februari 2015 di Wisma INRI Karang Pandan. Atas pertolongan Tuhan, kami bersyukur acara tersebut dapat terlaksana dan berlangsung dengan lancar tanpa hambatan yang berarti.

 

Bagi siswa kelas IX mungkin retreat ini adalah  salah  satu acara refreshing bagi mereka, karena setelah acara tersebut kelas IX akan menghadapi berbagai macam  tes secara bertubi-tubi mengingat ini adalah tahun terakhir mereka di SMP. Selain bersekutu, mendengarkan Firman Tuhan, dan  memuji Tuhan, siswa juga berkesempatan untuk bercengkerama dengan sesama teman dan guru dengan lebih leluasa. Tentu saja tak ketinggalan mereka juga diajak bermain game serta berolahraga bersama untuk menjaga kebugaran fisik mereka. Sehingga ketika pulang dari tempat retreat peserta terisi secara rohani maupun jasmani.

 

Retreat kali ini tidak hanya memberkati siswa-siswi kelas IX sebagai peserta utama melainkan juga sangat  memberkati guru-guru pendamping yang terlibat dalam acara ini. Melalui sesi 1 (Who am I ? atau  Sapa to aku iki?) melalui pembicara Pdt. Petrus Edy Cahyana Nugroho kami diingatkan  bahwa kita adalah makhluk ciptaan  yang  paling dikasihi oleh Tuhan melebihi ciptaan-Nya yang lain. Karena kita adalah satu-satunya ciptaan yang diciptakan serupa dan  segambar dengan Allah (Kej.1: 26-27). Kemudian  melalui sesi 2 kami ditantang untuk berubah dan bisa menjadi teladan dalam  hal perkataan, tingkah laku, dalam kasih, kesetiaan, dan dalam hal kesucian hidup kita (1 Tim.4:12). Bahkan dalam  kesempatan ini peserta diberi kesempatan untuk saling meminta maaf dan memaafkan diantara sesama siswa, antar guru, maupun antar siswa dan guru. Dan melalui kesempatan tersebut kami diajak untuk berkomitmen menjadi pribadi yang lebih baik, dan lebih baik, dan lebih baik lagi setiap harinya sehingga pada akhirnya kita bisa sama seperti Rasul Paulus yang berani berkata “turutilah teladanku!” (1 Kor.4:16).

 

Bagi kami para guru yang terlibat acara ini, kami benar-benar diingatkan bahwa ketika kita mengharapkan anak didik kita menjadi baik maka terlebih dahulu kita harus memberi teladan yang baik bagi mereka. Tidak hanya bisa berkata-kata memberi nasehat atau menegakkan disiplin bagi para siswa, tapi terlebih dulu kita para guru harus bisa berdisiplin dalam  hal apapun sehingga siswapun dapat melihat keteladanan  kita dan mengikutinya. Itulah berkat-berkat yang kami dapatkan melalui retret kelas IX tahun ini. Kami berharap bahwa retret kali ini tidak hanya berkesan bagi mereka tapi benar-benar berdampak bagi kehidupan mereka. Amin.

(Ms. Endah – Wali Kelas IX Integrity)

Live Chat

Hi,
I'm Ms. Edith. Can i help you?

Start Messenger