Tanggal : 28-Januari-2015, category : High School Corner
Fieldtrip SMP.jpg

Kegiatan belajar mengajar yang kreatif dan menyenangkan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu pembelajaran yang variatif sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan  pembelajaran praktek secara langsung. Selain dapat menambah wawasan siswa, kegiatan pembelajaran langsung ini juga dapat mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar di kelas. Untuk itulah SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta mengadakan program fieldtrip yang dilaksanakan sekali dalam satu tahun pelajaran.

Fieldtrip SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta tahun ini menitikberatkan pada pembelajaran industri di dunia usaha untuk melihat langsung proses industri dan manajemen serta keinovatifan dan kreativitas yang dilakukan perusahaan tersebut sehingga bisa menemukan inovasi- inovasi baru serta memanfaatkan segala yang ada di lingkungan sekitar untuk diolah menjadi bermanfaat bagi kehidupan manusia, kewirausahaan yang kami kemas sedemikian rupa melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat fun learning. Kegiatan telah berjalan dengan  lancar, dan berhasil sesuai dengan tujuan kegiatan yang telah direncanakan. Kami berangkat dari sekolah menggunakan transportasi bis dan mobil sekolah. Perjalanan dari Solo ke Agro Makmur Karang Pandan dapat berjalan sesuai jadwal. Setibanya kami di Agro Makmur, kami disambut oleh Bpk. Budi selaku pemilik dari Agro Makmur untuk diberi pengarahan sebelum kegiatan berlangsung. Acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok, para siswa dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing dipandu oleh 2 orang tour guide. Semua anggota kelompok melakukan kegiatan tour seperti membuat bakpao, membuat lekker, membuat batako, menerima materi tentang bioethanol dan biogas, bahkan ada pengalaman tersendiri bagi siswa-siswa yang diminta air seninya untuk menyalakan lampu, bisa sampai 300 watt. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Setelah semua kelompok selesai melakukan kegiatan tour, semua siswa kembali berkumpul untuk beristirahat dan makan siang yang sudah disediakan oleh Agro Makmur. Sampai waktu yang sudah dijadwalkan, kegiatan dilanjutkan ke Sapta Tirta. Di tempat tersebut para siswa belajar dan mengenal tentang 7 jenis air menurut fungsinya. Kegiatan fieldtrippun telah selesai, tiba saatnya kami kembali ke sekolah. Perjalanan dari Karang Pandan ke sekolah cukup lancar dan semua peserta fieldtrip menikmati perjalanan. Kami bersyukur, kegiatan fieldtrip SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih dapat berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir tanpa halangan yang berarti. Kalaupun ada kekurangan di sana sini tapi kami melihat campur tangan Tuhan Yesus yang sungguh luar biasa dan dahsyat. Ms. Seni tyas mawarni

Live Chat

Hi,
I'm Ms. Edith. Can i help you?

Start Messenger