Fun Day Trip

Fun Day Trip

Tanggal : 25-Januari-2019, category : High School Corner
resize fieldtrip.jpg

Kegiatan Field Trip merupakan kegiatan tahunan SMPK PNK yang dilaksanakan guna menunjang proses belajar mengajar yang lebih kreatif, inovatif dan interaktif. Kegiatan pembelajaran di luar kelas ini sangat penting bagi siswa untuk menambah wawasan mereka tentang budaya dan lingkungan yang ada di luar sekolah. Tahun ini, kegiatan Field Trip SMPK Pelita Nusantara Kasih diadakan tanggal 10 Oktober 2018 dengan tema Fun Day Trip. Kegiatan dibagi menjadi tiga kategori, pertama mengunjungi Perpustakaan Kota Solo bagi siswa kelas VII, kedua mengunjungi Keraton Mangkunegaran yang menjadi salah satu cagar budaya Kota Solo bagi siswa kelas VIII, dan ketiga belajar mengenai Table Manner di Hotel Sahid bagi kelas IX.

Di Perpustakaan Kota, siswa kelas VII diajarkan cara menjadi anggota perpustakaan dengan berbagai macam fasilitas dan kelebihannya, salah satunya potongan harga 50% jika berkunjung ke Kebun Binatang Jurug dengan menunjukkan kartu anggota Perpustakaan Kota. Selain itu, siswa diajak berkeliling melihat semua fasilitas yang ada di Pepustakaan Kota dan terakhir membuat ringkasan cerita dari buku yang mereka baca di sana. Siswa sangat bersemangat terutama ketika diajak berkeliling melihat fasilitas yang ada di sana. Perpustakaan Kota Solo juga menyediakan story telling untuk anak usia balita dan ruang enam dimensi yang akan diresmikan Bulan Desember 2018. Tentunya ini akan menjadi hal yang menarik bagi siswa.

Lain halnya dengan siswa kelas VIII yang mengunjungi Museum Mangkunegaran. Di sini siswa diajak untuk mengenal lebih jauh apa fungsi dari keraton dan menilai perbedaan yang dimiliki supaya memperdalam khasanah ilmu yang dimiliki. Beruntung, saat melakukan kunjungan ke Museum mangkunegaran, sedang berlangsung pula pertunjukkan sendra tari. Siswa pun dapat melihat langsung contoh tarian daerah yang biasa dipertunjukkan di keraton. Ini menjadi nilai lebih yang dapat dipelajari oleh siswa.  Siswa pun diajak berkeliling keraton untuk melihat apa saja yang ada di sana.

Sedangkan untuk siswa kelas IX, kegiatan Table Manner bertujuan untuk membekali siswa tentang bagaimana bersikap pada perjamuan pesta. Kegiatan ini diawali dengan Hotel Tour untuk melihat berbagai macam fasilitas yang ada di hotel. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan table manner itu sendiri dimana siswa belajar bagaimana menggunakan peralatan makan, cara mengambil dan menyuap makanan, serta belajar urutan makanan apa saja yang harus dinikmati pertama kali sampai menu terakhir. Intinya mereka belajar bagaimana bersikap di meja makan mulai dari menjaga postur tubuh sampai menikmati setiap hidangan yang disajikan dengan cara yang baik dan sopan menurut aturan internasional. Sungguh kegiatan yang luar biasa. Syukur kepada Allah kegiatan Field Trip berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Semua oleh karena kemurahan Allah. Ms. Anita

Live Chat

Hi,
I'm Ms. Metta. Can i help you?

Start Messenger