Sincere yet Intelligent Field Trip

Sincere yet Intelligent Field Trip

Tanggal : 24-Januari-2019, category : High School Corner
resize Fieldtrip.jpg

Field Trip SMAK PNK kali ini memilih Museum Sonobudoyo yang merupakan museum terlengkap kedua setelah museum besar di Jakarta. perjalanan Field Trip yang mengambil tema Sincere yet Intelligent ini dilaksanakan pada Selasa, 25 September 2018. Kegiatan ini diawali dengan proses pembelian tiket kereta api Prameks di Stasiun Solo Jebres, dimana siswa-siswi berlatih untuk terjun langsung dengan budaya mengantri dan membaca. Mengapa membaca? Karena pihak stasiun menuliskan tuntunan dalam melakukan proses pembelian tiket kereta lokal.

Rombongan berkumpul pukul 06.30 di Stasiun Solo Balapan dengan tiket yang sudah dibawa oleh ketua kelompok atau masing-masing anggota. Tiap kelompok juga melakukan vlogging sebagai tugas dari acara ini. Sesuai  dengan tema, siswa-siswi diajarkan untuk cerdik mengelola uang saku sebesar Rp 5.000,- yang diberikan oleh panitia. Uang ini dapat digunakan untuk apapun, termasuk biaya transportasi, atau jajan. Beberapa kelompok siswa ada yang memilih berjalan kaki melintasi jalan Malioboro untuk sampai di Museum Sonobudoyo, beberapa juga ada yang memilih menaiki Bus Trans Jogja seharga Rp 3.500,-. Sesampainya di pintu masuk Museum Sonobudoyo, rombongan disambut oleh alunan musik tradisional serta guide yang akan menemani dan memberikan berbagai informasi di dalamnya. Kami mulai belajar dengan suasana yang berbeda, rasanya seperti menaiki mesin waktu dan berpindah-pindah melintasi berbagai timeline sejarah.

Selesainya dari tempat itu, kami mencari turis asing untuk mengajak mereka mengucapkan satu kalimat dalam Bahasa Indonesia. Selain itu kami juga belajar menerapkan bahasa Inggris yaitu bercakap-cakap dengan turis asing. Setelah itu, kami kembali ke Stasiun Tugu Yogyakarta untuk bersiap pulang ke Solo. Perjalanan Field Trip memang singkat, tapi kegiatan belajar ini sangat berkesan. Kami tidak hanya sekedar menikmati perjalanan dengan tulus adanya (sincere), namun kami juga belajar agar cerdik (intelligent) dalam menghadapi persoalan langsung di kehidupan nyata.  Seperti firman Tuhan katakan di dalam Matius 10:16, “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala,  sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati”. Ms. Mega

Live Chat

Hi,
I'm Ms. Metta. Can i help you?

Start Messenger