VICKY, Dari OSK lolos OSP
 

VICKY, Dari OSK lolos OSP

VICKY, Dari OSK lolos OSP

Tanggal : 23-Agustus-2017, category : High School Corner
1.jpeg

Syallom, saya Vicky Alexander Susanto kelas XI IPA. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya ketika mengikuti lomba Olimpiade Sains tingkat Kota Surakarta (OSK)  mapel Biologi dan lolos ke Olimpiade Sains tingkat Provinsi (OSP) tahun 2017. Sebenarnya ini merupakan kali kedua saya mengikuti lomba OSK mapel Biologi, tetapi tahun lalu (2016) saya tidak lolos ke provinsi. Ketika saya mengikuti lomba OSK 2017 ini, saya tidak berharap untuk menang, saya hanya ingin mencari pengalaman dan mengukur kemampuan yang saya miliki. Persiapan yang saya lakukan pun sama seperti tahun lalu. Saya mengikuti drilling dengan teman-teman yang lain, yaitu Deo dan Gracia yang dibimbing oleh Ms. Tia. Kami hanya belajar materi-materi yang kemungkinan keluar melalui soal-soal OSK tahun-tahun sebelumnya.

Berbekal pengetahuan yang saya dan teman-teman miliki, kami mengikuti lomba OSK 2017 di SMA N 1 Surakarta. Pada waktu itu saya berdoa kepada Tuhan Yesus meminta pertolonganNya untuk memberkati saya dan peserta lomba semuanya agar dapat mengerjakan soal dengan baik. Satu bulan kemudian, hasil lomba OSK 2017 diumumkan. Pada waktu itu, Mr. Agung sebagai koordinator OSK dan guru-guru tidak langsung mengumumkan hasil seleksi OSK. Jadi saya tahu kalau saya lolos seleksi ke tingkat provinsi dari orang tua teman sekelas saya. Waktu itu pulang dari ibadah di GBI Keluarga Allah saya mendapat ucapan selamat lolos OSK. Ketika itu saya kaget dan tidak percaya. Keesokan harinya, saya memastikan kabar tersebut kepada Mr. Agung dan guru-guru. Dan ternyata memang benar bahwa saya lolos ke tingkat provinsi. Perasaan saya waktu itu antara percaya tidak percaya dan senang, karena tidak menyangka bisa lolos ke tingkat provinsi.

Untuk persiapan maju ke provinsi, selama 3 minggu saya drilling dengan Mrs. Tia setiap pulang sekolah. Lomba OSP diselenggarakan di Semarang selama 3 hari. Untuk mapel Biologi di hari Selasa (16 Mei 2107), untuk itu saya menginap satu hari di Hotel Neo Semarang dan ditemani Mr. Agung. Di sana saya mendapat pengalaman dan banyak teman baru. Saya satu kamar dengan tiga peserta lain yang berasal dari Kudus dan Pati. Kami pun mempersiapkan diri dengan belajar bersama sesuai dengan mapel masing-masing. Keesokan harinya kami mengikuti lomba OSP dan mengerjakan soal secara online. Setelah selesai lomba, saya langsung packing untuk kembali ke Solo.

Dari pengalaman ini, saya yakin bahwa pertolongan Tuhan Yesuslah yang bekerja atas diri saya. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus karena telah memberikan kesempatan yang sangat luar biasa untuk saya bisa lolos OSP. Dari pengalaman ini, saya belajar untuk selalu berserah dan mengandalkan Tuhan Yesus Kristus dalam segala hal. Demikian pengalaman saya, semoga bisa memberikan motivasi kepada teman-teman untuk selalu berusaha dan berdoa. Terimakasih. Tuhan Yesus memberkati.  Vicky  -   XI IPA