HONOR
 

HONOR

HONOR

Tanggal : 24-Pebruari-2017, category : Character Quality
Upload Website.jpg

Character Definition

Definisi Karakter

 

  • RESPECTING OTHERS BECAUSE OF THE HIGHER AUTHORITIES THEY REPRESENT.

MENGHARGAI ORANG LAIN KARENA OTORITAS LEBIH TINGGI YANG MEREKA WAKILI.

 

The “I Will” of Honor

“Saya akan” dari Hormat

  • I will respect my leaders.

Saya akan menghormati para pemimpin saya.

  • I will treat everyone with dignity.

Saya akan memperlakukan setiap orang dengan rasa hormat.

  • I will use good manners.

Saya akan berperilaku baik.

  • I will not be sarcastic.

Saya tidak akan berkata atau bersikap kasar.

  • I will remember that “all men are created equal”.

Saya akan mengingat bahwa semua orang diciptakan sederajat.

 

Karakter Hormat di dalam keluarga mencakup :

  • Berbicara secara positif tentang orang tua, pimpinan, pejabat pemerintah, dan petugas penegak hukum.
  • Menunjukkan hormat kepada otoritas dengan berdiri tegak, menatap mata, menyebutkan sebutan panggilan mereka dengan semestinya, dan berperilaku santun.
  • Anak-anak menghargai orang tua dengan menelepon bila tidak bisa pulang pada waktunya, meminta izin, menatap mata dengan sopan bila diajak berbicara , serta tidak berbicara sekenanya atau berdiri seenaknya.

 

Manfaat Karakter Hormat

Hormat

Sikap penghormatan pada otoritas akan menarik perhatian orang yang memiliki otoritas tersebut. Ia akan menaruh minat pada kehidupan si anak (dalam keluarga)  atau karyawan (dalam dunia kerja) yang penuh hormat ini serta dengan sukacita memberikan penghormatan, dan juga tanggung jawab atau kepercayaan yang lebih.

Pujian

Orang lain akan memperhatikan perilaku santun yang ditunjukkan seseorang; orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi akan memuji orang ini di depan orang lain.

 

Whom to Honor Siapa yang harus di hormati

  1. Tuhan Yesus Kristus. “Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” (Yohanes 1:3)

Bagaimana menghormati : Bow and Confess – Berlutut dan mengakui “supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut………..dan segala lidah mengaku: ”Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!” (Filipi 2:10-11)

  1. God the Father- Allah Bapa. “Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.” (1 Timotius 1:17)

Bagaimana menghormati : Present Our Bodies – Mempersembahkan Tubuh Kita “…….supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah…..” (Roma 12:1) “Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu” (Amsal 3:9)

  1. 3.       The Holy Spirit – Roh Kudus.”Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.” (Yohanes 16:8)  “Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.” (Roma 8:16)

Bagaimana menghormati : Sancfify and Yield - ………………….”Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.” (Efesus 4:30)

  1. 4.       The Name of the Lord- Nama Tuhan. “Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi!”(Mazmur 8:9) “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” (Kisah Para Rasul 4:12) “Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari TUHAN!” (Mazmur 105:3) “Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.” (Keluaran 20:7)

Bagaimana menghormati : Know, Exalt, and Use – Memahami, memuliakan dan menggunakan – He is the Alpha and Omega, the Beginning and the Ending, the Creator of Heaven and Earth. He is the Deliverer, the eternal God, and Father of our Lord Jesus Christ. He is the Great Physician, the High and Lofty One and the Immortal. He is the Judge of all the Earth, the King of Kings, and Lord of Lords, the Mighty God, the Never-Failing Friend. The Omnipotent and Omnipresent Prince of Peace, the Ruler of Nations. He is the Supreme and Triune God. He is victorious only wise God. Dia adalah Alpha dan Omega, Awal dan Akhir, Pencipta Langit dan Bumi. Dia adalah pembebas, Allah yang kekal, dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus. Dia adalah Tabib Agung, Tinggi , mulia dan abadi. Dia adalah Hakim dari seluruh bumi, Raja segala Raja, dan Tuhan segala Tuhan, Allah Maha Perkasa lagi Maha(Never-Failing Friend) ………………... Yang Mahakuasa dan di mana-mana Pangeran Damai, Penguasa Bangsa-Bangsa. Dia adalah Tuhan yang Maha Kuasa dan Tritunggal. Dia victorius hanya Tuhan yang bijaksana.

  1. 5.       Your Father and Mother – Ayahmu dan Ibumu. “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.” (Keluaran 20:12) “Siapa mengutuki ayah atau ibunya, pelitanya akan padam pada waktu gelap.” (Amsal 20:20)

Bagaimana menghormati : Obey and Assist – mematuhi  dan membantu – “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu…….supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.”(Efesus 6:1-3) “Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.” (Amsal 6:20) Care for parents in their old age. Merawat orang tua di usia tua mereka (lihat Matius 15:1-15 dan 1 Timotius 5:8)

  1. 6.       Marriage Partner – Pasangan hidup. “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.” (Kejadian 2:24)

Bagaimana menghormati : Reverence and Respect – Penghormatan dan Menghargai – “……isteri hendaklah menghormati suaminya.”(Efesus 5:33) “Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.(1 Petrus 3:7)

  1. 7.       Spiritual Leaders – Pembimbing Rohani. “Dan Ialah yang memberikan……gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus.” (Efesus 4:11-12)

Bagaimana menghormati : Submit and Support – Tunduk dan Mendukung – “Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat…….”(1 Timotius 5:17)

  1. 8.       Government Leaders – Pemimpin Pemerintahan

Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerinta, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? ………Karene pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu……(Roma 13:3-4)

Bagaimana menghormati : Submit and Pay Tribute – Tunduk dan Membayar Upeti - “Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.” (Roma 13:1) “Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar; pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.” (Roma 13:7)

  1. Employers – Pekerja

Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus…..dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia. (Efesus 6:5,7)

Bagaimana menghormati : Serve Faithfully  - Melayani Dengan Setia – “Semua orang yang menanggung beban perbudakan hendaknya menganggap tuan mereka layak mendapat segala penghormatan, agar nama Allah dan ajarkan kita jangan dihujat orang. Jika tuan mereka seorang percaya, janganlah ia kurang disegani karena bersaudara dalam Kristus, melainkan hendaklah ia dilayani mereka dengan lebih baik lagi………………………” (1 Timotius 6:1-2)

  1. 10.   The Lord’s Day – Hari Tuhan

“Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan…………itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.” (Keluaran 20:8-11)

Bagaimana menghormati : Delight in His Day Bersukaria di harinya Tuhan – “Apabila engkau tidak menginjak-injak hokum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat “hari kenikmatan”, dan hari kudus TUHAN “hari yang mulia”; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu…….maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan………” (Yesaya 58:13-14)

  1. 11.   The Elderly – Orang Lanjut Usia – “Konon hikmat ada pada orang yang tua, dan pengertian pada orang yang lanjut umurnya.” (Ayub 12:12)

Bagaimana menghormati : Stand When They Enter – Berdiri ketika mereka masuk “Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah TUHAN.” (Imamat 19:32)

  1. 12.   Widows Without Family – Janda Tanpa Keluarga
  2. 13.   All Believers – Semua Orang Percaya “demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.” (Roma 12:5)

Bagaimana menghormati : Honor All Alike - ………………… “Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.” (1 Korintus 12:26)

  1. All People – Semua Orang “Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu,…..”(1 Petrus 2:17) “………hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri” (Filipi 2:3)

Bagaimana menghormati : Give and Deflect Praise - …………………“Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam member I hormat.” (Roma 12:10)

 

http://bilaboong-kerja.blogspot.com/2010_04_01_archive.html