Cara Mudah Bangkitkan Energi Selain Minum Kopi
 

Cara Mudah Bangkitkan Energi Selain Minum Kopi

Cara Mudah Bangkitkan Energi Selain Minum Kopi

Tanggal : 04-Agustus-2015, oleh: Ms Cinthia, category : Health
Health.jpg

Saat tubuh butuh asupan tenaga dan meningkatkan fokus, biasanya kita akan langsung membuat secangkir kopi. Padahal, masih banyak bahan pangan lain yang bisa menyuplai energi dan kebiasaan yang masuk dalam kategori sehat. Apa saja?

- Sarapan sehat
"Anda bisa meningkatkan tenaga dan kemampuan otak dengan sarapan yang sempurna," kata Frank Lipman, penulis buku The New Health Rules. Pilihlah menu sarapan yang mengandung protein dan juga lemak sehat, jangan hanya karbohidrat.

- Menghirup wangi sitrus
Aroma buah sitrus, selain lemon dan jeruk nipis, bisa seketika memberikan energi. Pepermint adalah wangi lainnya yang bisa mengusir rasa lelah. Pilihlah aromaterapi dengan wewangian tersebut dan pejamkan mata. Rasakan energi yang kembali bangkit.

- Ngemil sehat
Mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil setiap beberapa jam sekali akan membuat kadar gula darah tetap stabil. Kita pun akan merasa tak terlalu lapar dan kelelahan. Kuncinya adalah jenis camilan yang sehat, misalnya tak mengandung terlalu banyak gula dan rendah lemak.

- Minum air putih
Perasaan lelah merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan cairan. "Terkadang, saat kita merasa butuh kafein atau gula, sebenarnya yang dibutuhkan tubuh adalah air," kata Lipman.

- Waktunya minum teh
Jika Anda berniat mengurangi asupan kafein, gantilah dengan teh tanpa kafein. Dalam teh terkandung asam amino L-theanin yang bisa meningkatkan rasa waspada.

- Cukupi vitamin B
Vitamin B12, bersama dengan vitamin B lainnya, sangat baik bagi metabolisme dan meningkatkan level energi. Vitamin ini bisa kita dapatkan dari protein hewani, misalnya saja ikan, daging, telur, dan juga susu.

- Ambil jeda
Meditasi bermanfaat sangat baik karena bisa mematikan respon stres tubuh. Meditasi juga akan menurunkan level hormon stres. Dalam jumlah tinggi hormon ini akan membuat kelenjar adrenal kelelahan sehingga kita akan merasa tak bertenaga dan sulit berkonsentrasi.

Sumber : health.kompas.com